Uncategorized

Gathering Smartfren Community Leader 2021

Setelah tertunda enam bulan akhirnya gathering Smartfren Community Leader 2021 terselenggara dengan baik. Tak seperti acara sebelumnya, gathering tahun ini diadakan secara virtual mengingat kondisi pandemi belum pulih sepenuhnya.

Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, acara online berlangsung seru dan meriah. Sebanyak 80 leader regional community berbagai daerah hadir menyimak pertemuan tahunan itu, dari Aceh sampe Gowa. Tak ketinggalan 30 direktur Teman Kreasi Indonesia juga turut hadir menyemarakkan termasuk dari Community Development Smartfren Indonesia, serta Chief Brand Officer PT Smartfren Telecom Tbk, Roberto Saputra.

Tak terasa, perjalanan Smartfren Community mencapai usia 6 tahun pada 15 Oktober lalu, yang artinya komunitas berbasis provider ini telah bertumbuh dan berkembang hingga memiliki ratusan ribu member.

Perjalanan Bergabung dengan Smartfren Community Surabaya

Awal saya bergabung dengan Smartfren Community pada tahun 2016, ketika itu perangkat yang saya gunakan adalah Blacberry Gemini yang kartunya inject Smartfren. Pada saat itu gadget ini lumayan laris di pasaran yang dijual bundling dengan harga sangat terjangkau.

Merasa asik dengan mainan baru, entah bagaimana saya bergabung dengan grup Facebook Smartfren Community dan masuk dalam grup WAnya juga.

Pada suatu hari, 1 April 2016. Saya menghadiri peluncuran Smartfren Andromax di Surabaya dan pertama kalinya bertemu dengan Mas Ramdeny, founder Smartfren Community. Kami kenalan dan tak lama kemudian mulai berjejaring dengan teman-teman komunitas.

Sebagai pendatang baru saya merasa nyaman di sini. Kenalan bertambah sekaligus belajar seluk beluk jaringan Smartfren yang menurut saya fitur 4G LTE-nya sangat unik dan belum dimiliki oleh provider lain.

Kenangan terindah bersama Smartfren Community Surabaya yang pernah kami lakukan adalah mengadakan acara buka puasa di Polres Tanjung Perak bersama anak yatim. Tidak hanya para anggota polisi saja yang hadir, 30 teman komunitas di Surabaya juga meramaikan acara ini. Hingga akhirnya saya diundang pertemuan leader Smartfren Community di Lembang Bandung Oktober 2016. Ternyata pertemuan itu dihadiri oleh para leader Smartfren dari seluruh Indonesia meski yang hadir hanya 15 orang saja. Bagi saya momen itu sangat fenomenal!

Perjalanan bersama komunitas membawa saya terpilih menjadi Leader Nasional Smartfren Community ke-3 pada 10 Januari 2019 dan menjabat selama 2 periode yang berakhir pada Maret 2021.

Penyerahan Tongkat Estafet kepada Leader Nasional 2021

Banyak pengalaman selama menjabat sebagai Leader Nasional Smartfren Community. Selama 2 tahun 6 bulan berjibaku dengan teman-teman daerah untuk mengembangkan komunitas agar merata ke seluruh Indonesia.

Pelan namun pasti, satu per satu regional terbentuk. Dari target 100 kota, selama 2 tahun berhasil membangun 102 regional yang terbagi dalam 5 koordinator wilayah.

Tak mudah mencapai perjalanan sepanjang itu. Saya menyadari semakin banyak anggota, perjuangan memimpin komunitas kian terasa terjal. Menyatukan banyak kepala dari berbagai karakter sungguh menguras pikiran dan tenaga. Tetapi saya senang menjadi bagian dari Komunitas Smartfren. Di sini saya banyak belajar, mendapat pengalaman baru, ilmu baru terutama mengenai teknologi komunikasi.

Dan tiba saatnya saya harus menyerahkan tongkat estafet kepengurusan Smartfren Community kepada leader nasional yang baru yakni Didik Jatmiko yang merupakan Leader Bojonegoro.

Gathering Smartfren Community Leader 2021

Minggu, 17 Oktober 2021 jam 13.00 saya menghadiri Gathering Smartfren Community Leader 2021 yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Mungkin karena virtual ya, konsep gathering dibuat padat dan ringkes. Biar begitu 3 jam juga baru selesai. Andai diadakan offline mungkin bisa sampai 3 hari, pakai acara cipika-cipiki dan begadang bareng, haha..

Usai mengumandangkan lagu kebangsaan, sesi selanjutnya adalah sambutan leader nasional Smartfren Communty yang baru. Ia mengungkapkan kebahagiannya terpilih sebagai Leader Nasional periode 2021-2022 setelah mengikuti pemilihan dan bersaing dengan 4 kandidat lainnya.

Dalam sambutannya, Ia berharap dapat memberikan semangat baru untuk kegiatan Komunitas Smartfren mulai dari tingkat regional, korwil, hingga nasional sesuai visi komunitas Sinergi Membangun Bangsa

Dani Akhyar selaku Head of Community Development Smartfren menjelaskan dalam kondisi pandemi, Smartfren Community terus bergerak melalui ranah digital dengan penyelenggarakan kelas online di Instagram @smartfrencommunity. Terhitung sebanyak 886 kelas online telah diadakan. Tak hanya itu saja, Komunitas Smartfren juga melakukan aksi dan donasi bagi masyarakat korban bencana termasuk memberdayakan ekonomi lokal melalui Teman Kreasi.

Hebatnya, selama rentang 2020-2021 Smartfren Community berhasil meraih penghargaan 2 tahun berturut-turut, yakni penghargaan inovasi program Corporate Social Responsibility 2020 dan Penghargaan Kategori Khusus Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 atas Program Teman Kreasi Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Pak Roberto juga mengucapkan selamat ulang tahun ke 6 Smartfren Community dan berharap komunitas ini dapat meningkatkan brand Smartfren sekaligus membuka peluang bagi generasi muda dan UMKM.

Sebagai bentuk apresiasi kepada leader berprestasi dan seluruh pendukung Komunitas Smartfren, Community Development juga menyerahkan penghargaan kepada Leader terGOKIL dalam ide, loyalitas, inisiatif dan dedikasinya kepada komunitas. Hamdalah, dari 16 orang terpilih, nama saya nyempil sebagai salah satu penerima apresiasi atas dedikasi sebagai Leader Nasional Komunitas Smartfren Periode 2019-2021 dan mendapat hadiah IPhone XR. Alhamdulillah..

Untuk menyemarakkan suasana, gathering Smartfren juga diramaikan dengan Parade Stand Up Comedy yang dibawakan oleh Kang Dado and the genk serta kuis seputar Smartfren.

Akhirnya setelah 3 jam, pertemuan leader komunitas Smartfren selesai. Selamat Kak Didik sebagai leader nasional semoga sukses mewujudkan program kampanyenya. Juga buat seluruh leader nasional dan Comdev sukses untuk kita semua. Sampai bertemu lagi di acara Gathering Smartfren Community Leader yang akan datang, semoga diberikan umur panjang, Amiin..

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.