Helm Bambu
Jalan-jalan,  Uncategorized

Topi Bambu, Teman Kreasi Tangerang, Kerajinan Berbasis Kearifan Lokal

“Paket”

Suara kurir memanggil dan saya buru-buru menemuinya. Setelah paket berpindah tangan saya langsung diam, perasaan nggak sedang belanja online, deh, tapi kok ada kiriman datang.

Setelah sekian menit membolak-balik kotak yang dikemas rapi, saya baru ingat kalau habis transaksi tumbler di Topi Bambu Tangerang.

Begitu paket terbuka, isinya menggemaskan. Ada sebuah tumbler berlapis bambu dan sebungkus kopi berlabel SFCOM Coffee House, Creative Blend Coffee. Lucunya semua barang itu dibungkus dengan anyaman bambu dengan serat rapi yang tak rela untuk dibuang begitu saja. Meski hanya bungkus, ada nilai keindahan di dalamnya.

Puas mengamati kopi dan segala macam kerajinan bambu tersebut, saya langsung konfirmasi ke Pak Agus Hasanudin, owner Topi Bambu, sekaligus mengucapkan terima kasih telah memberikan bonus kopi.

Topi Bambu dan Kreatifitas Kerajinan berbahan Bambu

Pak Agus adalah kenalan suami ketika acara Gathering Smartfren di Jogja 2 tahun lalu. Saat itu Pak Agus memberinya hadiah sebuah peci manis kombinasi kain songkok dengan anyaman bambu.

Tanpa banyak berpikir Ia langsung memakai peci itu dan ngaca, Ya Allah tampak ganteng dan sholeh. Sampai sekarang peci itu selalu digunakan untuk Sholat Jumat dan Sholat tarawih.

Tidak hanya tumbler dan peci saja, Topi Bambu juga membuat banyak sekali kerajinan seperti helm sepeda motif anyaman, cangkir bambu, keranjang POT rotan, tas anyaman bambu, dan aneka topi bambu bermacam model. Ada topi bambu Sambrero, topi bambu Fedora Rumbai.

Lokasi Topi Bambu berada di Tangerang dengan alamat Jl. Raya Serang KM 15 Cikupa. Selain menjual produk anyaman, Topi Bambu juga wadah komunitas budaya untuk melestarikan kearifan lokal, pelatihan serta pendidikan menganyam. Saya lihat di Instagramnya @topibambu ada saja Ibu-Ibu sedang beraktifitas membuat sesuatu. Ada juga remaja yang belajar menganyam.

Di Tangerang sendiri ada tradisi budaya menganyam untuk menjaga kearifan lokal dengan harapan mengangkat produk lokal dan memiliki nilai ekonomi masyarakat kampung. Terbukti, sampai saat ini Topi Bambu tak berhenti berproduksi. Meski kerajinan tangan harga yang dipatok sangat terjangkau untuk sekelas hasil karya tangan.

Pioner berdirinya Taman Kreasi Indonesia

Melihat potensi Topi Bambu yang memiliki banyak kemanfaatan, Smartfren menggandeng Topi Bambu sebagai pioner pendirian Taman Kreasi Indonesia pada tahun 2019. Taman Kreasi sendiri merupakan bagian dari Smarfrten Community yang memiliki jaringan besar dengan leader tersebar di 100 kota di Indonesia.

Teman Kreasi Indonesia sendiri saat ini sudah memiliki 32 jaringan dengan lebih dari 500 brand UMKM di 30 kota di Indonesia seperti Tangerang, Tangerang Selatan, Bandung, Cirebon, Kuningan, Bekasi, Cilacap, Pati, Pekalongan, Tegal, Blora, Garut, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, Blitar, Subang, Surabaya, Serang, Depok, Bali, Lampung, Tanah Laut, Gowa, Purwokerto, Malang Raya, Pekanbaru, dan Natuna.

Teman Kreasi Indonesia merupakan komunitas yang bertujuan mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda dengan harapan dapat membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

Supaya produk UMKM memiliki dampak baik bagi banyak orang maka masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

Penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Untuk inovasi program Corporate Social Responsibility (CSR), melalui gerakan sosial Teman Kreasi Indonesia, baru-baru ini Smarftren mendapatkan apresiasi dari IDX Award berupa Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Bagi Smartfren, penghargaan ini merupakan prestasi ke dua kali setelah tahun lalu meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community.

Menurut Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, pihaknya mengucapkan terima kasih atas penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang mereka terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Bagi Smartfren sendiri apa yang dilakukan ini adalah upaya memajukan dan membantu masyarakat terhadap pemanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif untuk membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat.

Jika teman-teman ingin memiliki produk lokal berkualitas dari bahan bambu kepoin website Topi Bambu di www.warungkerajinan.com. Dijamin mupeng! Kayak sayaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published.