Kuliner

Review Safwa Café and Shisha, Resto Arab di Surabaya

Puasa Ramadhan kemarin saya ada agenda buka bersama di Safwa Café and Shisha, Resto Arab di Surabaya yang lokasinya berada di kawasan Sidosermo, tepatnya beberapa ratus meter dari Plasa Marina. Saat maps di HP berteriak Anda telah tiba di tujuan, saya masih belum percaya bahwa rumah di depan saya adalah tempat dimaksud yang menyuguhkan hidangan middle eastern

Tulisan bundar hitam Safwa Café and Shisha yang menempel di pagar masih belum membuat sayayakin. Sedikit nekat, saya perhatikan lebih seksama beranda rumah dari celah pagar, di sana ada meja tinggi tempat barista biasa bekerja serta rak hookah shisha yang berjejer manis menguatkan unsur arabnya.

Setelah memarkir motor, saya menuju garasi rumah sambil menunggu ada pemilik/staf café keluar. Rupanya saya datang terlalu dini sehingga orang café masih bersih-bersih. Tak lama menunggu, usai menyebut nama teman yang melakukan reservasi, saya dipersilakan masuk setelah sebelumnya melepas alas kaki dan menyimpannya di rak sekitar garasi.

Review Safwa Café and Shisha, Resto Arab di Surabaya yang Arab banget

Saat mendengar kata arab, otak saya koneknya ke perkampungan arab di sekitaran KH. Mas Mansyur Ampel karena di sanalah mudah ditemukan kuliner macam roti Maryam, nasi goreng kambing, nasi kebuli, dan lain-lain. Sedangkan Safwa Café and Shisha yang saya datangi berada di perumahan Sidosermo Airdas no. A-13 yang disulap jadi restoran.

Aura arab langsung menusuk begitu disambut dengan hamparan karpet yang dilengkapi sofa lantai bermotif daun. Sebuah kesan kemewahan yang mengandung sahaja. Penataannya khas kerajaan Raja Jalal saat acara makan-makan. Duduk lesehan sambil sesekali membenamkan punggung, tangan disandarkan ke atas bantalan empuk. Nyamaaan sekali..

Di sana terdapat 3 ruangan, 2 ruang VIP, 1 umum. Ruangan VIP benar-benar privasi khas gaya arab yang menghormati keluarga terutama wanita. Jadi setelah pintu kaca masih ada lapisan kelambu, otomatis orang luar nggak bisa ngintip aktivitas di dalam.

Awalnya kami dapat ruang VIP tapi dikasihnya yang umum. Mungkin karena personil kami banyak jadi di kasih ruangan luar. Sama-sama nyamannya menurut saya, ACnya juga adem, cuman banyak staf riwa-riwi.

Ruangan umum dibagi menjadi 2 blok yang mana 1 bloknya bisa menampung sekitar 10-12 orang. Ketinggian meja lesehannya pas banget dan super nyaman, rasa-rasanya seperti tak mau pulang, huwaaa…

Selama di sana terasa banget klasiknya, beberapa lukisan besar menempel mesra di dinding, ada aroma dupa arab yang menguar ke seluruh penjuru ruangan sampai-sampai kebawa pulang.

Buat pengunjung, café ini memberikan fasilitas TV LED, musholla, toilet, wastafel dan cermin besar. Homey banget pokoknya!

Kulineran Middle Eastern

Nah, ini yang paling penting. Safwa Café and Shisha menyajikan menu middle eastern yang bisa dinikmati sendiri atau ramean. Pengunjung bisa milih piring sendiri atau special talam untuk 3 hingga 5 orang.

Spesial menunya Nasi Kabsah, Nasi Briyani, Nasi Mandhi, Nasi Safwa dan Nasi Mugalgal dengan pilihan lauk Lamb sama Ayam.

Selain kuliner khas Jazirah Arab, pecinta lidah Indonesia juga dimanjakan dengan menu lokal Mie Ayam Jakarta, Ayam Bakar Madu, Ayam Bakar Bumbu Rujak, Ayam Geprek dan Nasi Goreng Kambing.

Setelah berpindah-pindah tangan, tibalah buku menu di hadapan saya. Agak mikir lama, bingung membedakan nasi Timur Tengah yang menurut lidah saya nggak ada bedanya, hehe.. Sama-sama mengandung rempah, ada yang menggunakan beras basmati ada yang biasa. Akhirnya saya memutuskan Nasi Kabsah soalnya udah pernah makan nasi kebuli, hehe..

Nasi Kabsah Kambing itu pakai beras basmati jadi butirannya panjang-panjang. untuk rasa menurut saya nggak beda jauh dengan nasi kebuli yang lekat rempahnya. Seporsi Nasi Kabsah disajikan menggunakan piring stainless bertoping daging kambing, timun, acar, sambal, dan emping mlinjo. Daging kambingnya empuk, enak, dan waktu digigit nggak nyusahin gigi.

Buat camilan kami memesan Arabian Platter yang terdiri dari risoles daging, risoles coklat, kebab mini, sambosa, kroket, dan kentang goreng. Untuk minumnya tetep, favorit saya es teh! Haha..

Sesuai nama cafenya, resto ini menyediakan shisha. Saya nggak terlalu paham shisha tapi menurut buku menu ada shisha Adalya PremiumTobbaco dan Alfakher dengan rasa buah-buahan. Juga Dobbaco rasa Ice Bubble Gum dan Home Made KSA rasa Mint, Red Grape dan Black Grape dengan harga mulai Rp. 50.000,-, refill Rp. 30.000,-

Harga menu di Safwa Café and Shisha

Belum lengkap reviewnya kalau saya tak menampilkan harga. Dilihat dari akun IG @safwacafeshisha resto ini baru buka Oktober 2020. Untuk harganya sendiri terbilang standar ya, sesuailah dengan porsinya yang melimpah, antara Rp. 35.000 – Rp. 50.000,-

Sedangkan harga mie ayam dan kuliner lokal lainnya mulai Rp. 20.000,-.

Saat bukber jumlah kawan saya sekitar 15 orang-an. Semua makan nasi seporsi-seporsi dan platter 6 piring serta es teh pitcher yang minta refil berkali-kali saking banter banget bocornya, haha.. klo gak salah 6 pitcher gitu deh. Totalnya Rp. 725.000,-

Alhamdulillah kenyang! Datang jam 16.30, pulangnya jam 20.30. Meski sebegitu lama, pemiliki tidak mengusir kami, padahal banyak pengunjung datang yang kemudian ditolak karena terbatasnya tempat.

Jadi teman-teman, saran saya kalau mau ngadakan acara di Safwa Café dan Shisha sebaiknya reservasi dulu. Tempatnya sih luas, tapi di sini pengunjung dijamu dengan baik. Sempat ada pesanan nasi goreng kambing yang lama gak datang-datang, begitu ditanyakan ternyata yang masak sedang sholat Maghrib.

Secara keseluruhan saya puas makan di sana. Mungkin saya akan kembali lagi lain waktu. Dari 1-10 saya memberikan nilai 8,5

Safwa Café and Shisha
Jl, Sidosermo Airdas No. A-13
Buka Senin – Minggu
Jam 12.00 – 22.00 (Close order 21.00)
Info Reservasi 0812 3599 7623 atau DM IG

Wisata Kuliner Nyaman dengan Internet Maximal

Hayo siapa yang sebelum makan lebih dulu melakukan ritual foto lalu posting story? Sebelum saya menunjuk orang lain, saya tunjuk diri saya dulu deh ya, hehe..

Nah itu juga yang saya lakukan ketika pesanan Nasi Kabsah di Safwa Café and Shisha tiba di meja kami. Untung datangnya sebelum adzan maghrib, saat-saat mata sedang sibuk memperhatikan makanan. Sebelum diorak-arik, saya jepret dulu semuanya yang tentu saja untuk kebutuhan konten, hehe..

Omong-omong konten, Smartfren baru saja melaunching produk barunya Smartfren Gokil Max dengan tagline Kuota Maximal Harga Tergokil di Kotamu.

Smartfren Gokil Max memberikan kuota 36 GB yang dibagi menjadi 12 Gb Kuota Nasional dan 24 GB Kuota Lokal dengan harga Rp. 70.000,- yang berlaku 30 hari. Keuntungan buat pelanggan berkesempatan mengejar Rejeki WOW plus Gratis Nelpon HD ke semua pengguna Smartfren.

Psst, ada Extra 70 Gb juga lho yang dapat digunakan antara jam 01.00 hingga 05.00 WIB berlaku semua aplikasi.

Mumpung murah yuk pakai Gokil Max biar kontenmu makin Maximal!

Leave a Reply

Your email address will not be published.