Kuliner

Makanan Ringan Oleh-Oleh khas Malaysia

Tidak hanya cokelat, banyak sekali makanan ringan oleh-oleh khas Malaysia yang bisa dibawa pulang untuk dibagikan teman dan saudara.

Kenalan dengan makanan ringan khas Malaysia bermula ketika saya mengunjungi Central Market. Merupakan pusat perbelanjaan di Jalan Hang Kasturi, Kuala Lumpur.

Banyak sekali toko oleh-oleh di sini, kaos, gantungan kunci, hiasan rumah bentuk Twin Towers, tas, hingga cokelat dan makanan ringan. Konon, di tempat ini harga barangnya murah-murah.

Makanan Ringan Oleh-oleh khas Malaysia

Yang harus digaris bawahi, ketika ke sini jangan sungkan untuk nawar. Kalau penjualnya baik, kita malah dikasih banyak bonus.

Dari hasil buruan selama 3 jam, berikut ini Makanan Ringan Oleh-oleh khas Malaysia yang saya bawa pulang:

Milo Cube

Rasanya gak afdhol kalau sepulang dari Malaysia tidak bawa oleh-oleh Milo. Di Indonesia bukan tak ada toko yang menjual minuman cokelat mengandung energi ini, ada, tetapi tak seunik yang dijual di Kuala Lumpur.

Milo Cube berbentuk kubus berukuran mungil. Teksturnya keras, seperti permen. Rasanya tidak terlalu manis, khas Milo. Tapi dominan rasa cokelat.

Meski dipasarkan di Malaysia, keterangan dari kemasannya, produk ini buatan Nestle, Nigeria.

Harga sebungkus Milo Cube saya beli dengan harga 17RM. 1 kemasan isinya 100 cubes dengan berat 275 gram.

Sebagai penyuka Milo bubuk, bagi saya Milo Cube cocok menggantikan fungsi permen.

Muruku Ikan

Kemasan Muruku Ikan tak berbeda dengan snack jajanan anak-anak di Indonesia yang harganya seribuan.

Bagi saya sih biasa aja, tapi menurut teman-teman enak. Semacam cemilan tipis seperti koin tapi bentuknya lonjong. Bahannya dari tepung tapi gurih. Karena banyak yang mengatakan enak, ya udahlah, saya ikutan bilang enak. Dan memang enak, haha

Ada Muruku Ikan, ada Muruku Popo. Rasanya menurut saya enak yang Muruku Popo

Satu kemasan berisi 30 biji dengan harga 20RM. Ketika saya jalan di Jonker Walk malah ada yang jual harga 17,5RM

Cocoaland Lot 100

Cocoaland Lot 100 adalah permen kunyah dengan aneka rasa buah. Mirip Yuppy, tapi gak ada gulanya. Kenyal, manisnya tidak membuat gigi ngilu.

Pilihan rasanya mangga, strawberry, jeruk, apel, dan blackcurrant.

Checkers Mini Chunky Chocolate

Cokelat ini produksi Selangor, Malaysia. Para penyuka cokelat wajib beli ini. Satu kemasan beratnya 450 gram isinya sekitar 50 biji dengan harga 20RM.

Ada beberapa pilihan rasa, Cokelat Green Tea, Cokelat Almond, Cokelat Susu, dan Cokelat Dark&White.

Barley Peanut Candy

Saya dapat Barley Peanut Candy ini dari seorang kakek ketika kami sama-sama sedang menunggu kereta di Batu Caves.

Kakeknya sendirian, waktu itu menanyakan stasiun Batu Kentonmen kepada saya. Karena searah akhirnya kami duduk di bangku berdekatan. Kakeknya baik, selain saya dan mbak Eda, ada 2 bule dan seorang perempuan juga dikasih Barley Peanut.

Kemasannya Peanut Candy lebih gede dari permen. Rasanya seperti kacang tumbuk. Berbentuk lonjong, di lidah terasa empuk.

Dodol Malaysia

Kuheran kenapa orang-orang suka makan dodol Malaysia, padahal menurut saya rasanya sama dengan dodol lebaran di Kediri dan Blitar, hehe

Waktu di pasar malam Jonker Walk, banyak sekali penjual dodol ini. Bentuk kemasannya macam-macam, dan rata-rata warnanya coklat khas gula merah.

Kalau ada rejeki ke Malaysia lagi saya pengen bawa pulang banyak oleh-oleh. Kemarin, sih, maunya beli banyak, tapi stok RM saya terbatas.

Kalau ingin berburu oleh-oleh di Kuala Lumpur, jangan terpaku di Central Market saja. Bukit Bintang dan kawasan China Town, juga ada toko oleh-oleh yang barangnya lumayan komlit dengan harga miring.

Masih ada banyak lagi makanan ringan oleh-oleh khas Malaysia yang patut diborong. Seperti dodol Malaysia, Teh Tarik Aing Cheong, dan KitKat GreenTea. Dari sekian mana yang sahabat piknik sukai?

Leave a Reply

Your email address will not be published.