Workshop Smartphone Videography di PrimeBiz Hotel Surabaya

Saya mengenal PrimeBiz Hotel minggu lalu ketika menggikuti workshop Smartphone Videography yang diselenggarakan oleh Youtuber Teguh Sudarisman berkerja sama dengan PrimeBiz Hotel Surabaya.

Sebagai Youtuber ala – ala, Workshop Smartphone Videography di PrimeBiz Hotel Surabaya ini nggak saya lewatkan begitu saja. Bagi saya video adalah mainan baru. Butuh kreativitas tinggi yang harus dimunculkan untuk menghasilkan konten yang bagus dan menarik. Sedangkan, ulala.. tingkat kreativitas saya jauh dibawah rata-rata.

Saya, Mbak Rahma, dan Emak Mbolang peserta workshop

Maksud saya begini, membuat video memang gampang. Anak kecil juga bisa membuat video. Tinggal tekan tombol β€˜rekam’ jadilah sebuah video. Akan tetapi membuat video yang bercerita dan yang dapat menunjukkan kepada oranglain secara visual membutuhkan sebuah teknik. Teknik inilah yang ingin saya pelajari lebih banyak.

Smartphone Videography oleh Teguh Sudarisman

Ketika saya tiba di meeting room PrimeBiz Hotel, tempat workshop diadakan, Pak Teguh sudah memulai materinya. Saya telat dikiitt, untung materi inti belum mulai.

Bersama Pak Teguh Sudarisman

Seperti kita ketahui akhir-akhir ini konten video sedang digandrungi banyak orang. Video sedikit banyak mulai menggeser konten tulisan. Fenomena ini dengan mudahnya memunculkan idola-idola baru di masyarakat yang sebelumnya tidak dikenal sama sekali, sebut saja Bayu Skak, Kevin Anggara, Young Lex, dan lain sebagainya. Nama-nama ini terkenal sebagai YouTuber.

Durasi acaranya sangat panjang, melingkupi teori, praktek, dan Ishoma. Supaya sama-sama belajar, saya bagikan poin-poin yang penting saja ya..

Video Pendek

Jaman now begini banyak orang malas melihat konten berlama-lama. Maunya sebentar, infonya dapat. Rata-rata mereka tidak betah kalau konten yang dilihat terlalu panjang. Oleh karena itu dalam menyusun video idealnya 2-3 menit. Video 1 menit terlalu cepat, dan durasi 5 menit terlalu lama.

Faktor yang mempengaruhi Video Bagus

Menyadari video amatiran tidak sebagus tayangan di televisi. Oleh karena itu hal terpenting yang harus diingat saat membuat konten video adalah:

1. Steady
2. Fokus
3. Suara jernih. Bersih dan jelas.

Saya sendiri suka pusing melihat video yang terlalu banyak goyangan. Jadi menurut Pak Teguh minimal steady, lah..

Tripod

Alat Shoot Video

Nah, untuk membuat video dengan karakteristik diatas, kita perlu menyediakan ala-alat pendukung. Jika tidak memiliki kamera atau handycam, yang paling mudah dengan memanfaatkan smartphone yang ditunjang dengan perangkat antara lain:

1. Tripod untuk mempertahankan kekokohan video
2. Holder Tripod
3. Remote Control / Tomsis
4. Microphone
5. LED Video Lighting

Remote

Karakteristik Smartphone untuk Videography

Video kerap kali memakan banyak memori smartphone. Oleh karena itu, agar usaha produksi video tidak terhambat, spesifikasi smartphone meliputi:

– Resolusi Video full HD 920 x 1080
– Ram 3GB
– Internal Memory 64 GB
– Memory tambahan. Ukurannya standart saja 64 GB
– Ukuran Layar 5,5 inch
– 4G untuk mempercepat proses upload

Jika semua sudah disiapkan, saatnya membuat video. Agar video tampak detail, kita harus memperhatikan sekitar agar nantinya hasil video asik dilihat. Seperti close up wajah, aktivitas, wide shoot, slide shot, dan lain-lain.

Aplikasi Editing Video

Membuat video saat ini orang tidak harus pandai mengelola aplikasi berat. Tidak memiliki sklil editing video tak masalah karena Play Store dan iOS telah menyiapkan segalanya. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola video, diantaranya:

Android: Filmora Go, Power Director, Viva Video, Kine Master
iOS: iMovie, Splice

Praktek Membuat Video

Microfone

Setelah dijelaskan teori pembuatan video, seluruh peserta workshop diajak berkeliling hotel untuk mencari objek. Tidak ada perangkat lain yang digunakan selain smartphone sama tripod.

Saya gak punya tripod, tapi dapat pinjeman tripod dari Pak Teguh hehe.. Makasih, Mas, tripodnya keren! πŸ˜€
Menyenangkan sekali belajar video rame-rame. Kami tidak malu DAN takut untuk menshoot bagian-bagian hotel, apalagi pihak hotel bersedia menemani kami selama kunjungan.

Kami memasuki Meeting Room, Lobby, Superior Room, Deluxe Room, Superior Triple Room, Suite Room, Irish Spa, Home Restaurant. Sama apalagi, ya?

Oya, mengambil video Mas Custoomer Service sedang melayani tamu. Tamunya adalah teman sendiri, mbak Vicky Laurentina, haha..

Saya juga berusaha mengambil gambar yang menonjolkan fasilitas hotel PrimeBiz Surabaya. Seperti misalnya,

– Air mineral yang disediakan PrimeBiz Hotel menggunakan botol ukuran besar 1500 ml.
– Hotel ini juga menggunakan key card khusus yang nggak bisa diganti dengan kartu elektrik lain sebagai pengganti keycard.
– Ada satu ruangan yang memilki lemari pakaian nyambung dengan kamar mandi sehingga saat mandi tamu tidak perlu membawa baju masuk kedalam kamar mandi

Menurut saya tiga poin ini penting dimasukkan kedalam video, dan saya sengaja mengambil gambar ini.

Kalau dipikir-pikir, teramat banyak bahan video yang harus diambil. Tantangan buat saya, gimana caranya agar seluruh spot yang kami tuju dapat masuk secara keseluruhan kedalam video dengan durasi yang tidak terlalu panjang?

Kata Pak Teguh, Strict!
Jangan biarkan videomu bertele-tele.

Tetap saja, setelah edit sana-sini. Pangkas sana-sini, video buatan saya durasinya lebih dari 5 menit! Huft!
Inilah video hasil belajar saya. Semoga tidak jenuh ya nontonnya. Saya butuh banget masukan, saya harap teman-teman rela menyisihkan waktunya menulis komen untuk video buatan saya πŸ˜€

Belajar dari jam 9 pagi, seluruh rangkaian Workshop Smartphone Videography di PrimeBiz Hotel Surabaya selesai jam 3 sore. SElama praktek, hampir-hampir saya gak ngambil foto sama sekali. Fokus ke video jadinya gak mikir foto sana-sini πŸ™ Pulang workshop saya kenyang. Kenyang ilmuuu juga, kenyang makan iya hehe.

Leave a reply "Workshop Smartphone Videography di PrimeBiz Hotel Surabaya"