Indahnya Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang

1 comment 862 views

Indahnya Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang. Sudah lama saya penasaran dengan keindahan Agro Wisata yang satu ini. Membayangkan hamparan tanaman teh yang hijau subur dimana-mana membuat saya terkesan. Duh, pasti hawanya dingin. Pasti suasananya penuh kabut. Ahh, pasti di sini pemandangannya indaaahhh…

Keindahan Kebun Teh Wonosari sudah dibuktikan banyak orang, utamanya masyarakat Jawa Timur. Meksipun wisata kebun teh tidak se- terkenal wisata petik apel, siapapun yang sudah merasakan keindahannya, pasti bilangnya bagus.

Hari Minggu kemarin, tanpa direncana saya mampir ke Kebun Teh Wonosari. Seperti biasa, kalau mood lagi bagus dan lagi pengen sesuatu, segala hambatan pasti dilewati. Seperti saat perjalanan pulang dari Malang mau ke arah Surabaya. Eh, tiba-tiba aja pengin mampir ke Kebun Teh. Dari yang tertulis di penunjuk arah, jarak Kebun Teh Wonosari dari Lawang kurang lebih 6 km. Jarak 6 km, ituuuu.. deket laah. Gak sampai ngabisin bensin seliter. Waktunya juga masih pagi, belum terlalu panas.

Kebun Teh Wonosari Lawang

Waktu menunjukkan jam 7.15 saat motor Mio yang dikendarai Mas Rinaldy melalui jalan raya Lawang – Malang. Seperti biasa, tak jauh dari Stasiun Lawang, ada penanda arah ke kiri yang mengarah ke Kebun Teh Wonosari. Sambil jalan kami diskusi gimana kalau mampir dulu ke Kebun Teh. Gak pakai lama, setir motor sudah berbelok ke kiri.

Tak begitu sulit menuju ke lokasi Kebun Teh, karena dimana-mana terdapat penunjuk arah. Tiap ada belokan, penunjuk arah itu membantu perjalanan kami. Jalanan desa Ketindan nampak tenang dan lengang. Tak banyak aktifitas warga yang terlihat, selain beberapa baris Ibu-ibu sedang melakukan senam pagi. Beberapa kali kami sisipan dengan pengendara motor yang mengangkut dedaunan dari ladang, mungkin untuk pakan ternak, atau kebutuhan yang lain. Daunnya terlihat hijau dan segar.

Kebun Teh Wonosari Lawang

Kebun Teh Wonosari Lawang

Kebun Teh Wonosari Lawang

Kontur jalannya naik, beberapa saja yang tanjakannya curam. Untuk kendaraan motor yang lewat sini terhitung aman, mesinnya gak terlalu ngoyo. Aspalnya juga mulus, aman dipakai ngebut. Masuk Dusun Tegalrejo, barulah aspalnya ‘berjerawat’.

Kebun Teh Wonosari Lawang

Di jalanan Dusun Tegalrejo saya banyak melihat orang olahraga sepeda. Meskipun kontur jalannya kasar dan menanjak, namun pemandangannya sangat indah. Hawanya juga sudah mulai trecep-trecep dingin. Udah mulai terasa hawa gunungnya. Beberapa ratus meter mulai nampak pos penjagaan masuk ke area Kebun Teh.

Namanya juga Kebun Teh, dimana-mana yang terlihat tanaman teh yang rata-rata sama tinggi. Mereka dipisahkan oleh jalan setapak yang dipakai untuk lewat kendaraan atau para pejalan kaki. Bis dan kendaraan juga lewatnya sini. Kami terus melanjutkan perjalanan hingga ujung, penasaran, ada apa aja di Kebun Teh.

Kebun Teh Wonosari Lawang
Angkutan umum SLKW

Kebun Teh Wonosari Lawang
Terminal Angkutan Umum

Setelah melalui jalan setapak yang berliku, yang ujungnya ternyata pos penjagaan untuk masuk ke dalam kawasan wisata kebun teh. Pos ini bersebelahan dengan terminal angkutan umum lyn SLKW. Asik, lo, bagi pengunjung yang gak bawa kendaraan pribadi, bisa naik angkutan umum ini dari Lawang. Turunnya pas di depan pintu loket masuk wisata.
Dari sini, kami berhenti untuk istirahat. Kabun tipis udah mulai turun, hawa dingin juga mulai tajam menusuk.

Kebun Teh Wonosari Lawang

Setelah diskusi tipis-tipis, kamu memutuskan tidak masuk ke dalam area wisata. Nggak asik masuk ke sini tanpa anak-anak.

Puas melihat pemandangan, kami balik turun ke bawah, dan pulang.
Gitu aja? Iya! Haha…
Begitulah cara piknik a la kami. Yang penting sudah tau, ya udah.

Kebun Teh Wonosari Lawang

Informasi kepada para pengunjung, tiket masuk ke Agro Wisata Kebun Teh Wonosari sebagai berikut:
• Hari Biasa Rp. 10.000,-
• Hari Minggu Rp. 15.000,-
• Parkir Motor Rp. 2.000,-
• Mobil / Bus Rp. 5.000,-

Kebun Teh Wonosari Lawang – Malang, jadi alternatif wisata outdoor. Tempat wisata di Malang banyak, saking banyaknya sampai bingung yang mana dulu yang mau dikunjungi. Biar makin bingung, nih saya tambahkan destinasi satu lagi, Indahnya Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang!

  1. author

    Nining1 year ago

    Katanya kalo weekdays bisa liat pabrik pembuatan teh Rolas di sini mba, ke sana weekend pun yo sepi ya nggak terlalu rame. Enak buat foto2, gk ada photobombing hihihi.

    Reply

Leave a reply "Indahnya Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang"